Pengenalan Daerah Rawan Bencana Rescue MTA Karanganyar

DSCF9367

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لِّأُوْلِي الألْبَابِ
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللّهَ قِيَاماً وَقُعُوداً وَعَلَىَ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذا بَاطِلاً , سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal”
“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”(QS Ali Imron 190-191)

DSCF9370

Bumi Indonesia yang dikenal oleh dunia sebagai bumi yang subur makmur dan hijau sehingga disebut Zamrud Khatulistiwa. Memiliki kekayaan dan keindahan alam yang melimpah, dengan topografi wilayah yang bermacam-macam. Begitu pula wilayah Kabupaten Karanganyar yang sebagian besar berada pada dataran tinggi Pegunungan Lawu (2000m dpl), dengan luas wilayah 800,20 km2, memiliki banyak obyek wisata karena keindahan alamnya. Namun dibalik keindahan tersebut terdapat potensi-potensi bencana yang setiap saat mengancam, diantaranya tanah longsor, putting beliung, kebakaran hutan, dan lain sebagainya.

 DSCF9355

Rescue MTA sebagai organisasi relawan dan penyelamat (rescue) yang berkegiatan di wilayah Kabupaten Karanganyar perlu mengenalkan anggotanya akan luasnya wilayah dan keanekaragaman topografi Karanganyar ini, sehingga perlu diadakan kegiatan pengenalan wilayah agar anggota dapat lebih cepat dan tanggap dalam menghadapi keadaan darurat dan bencana di daerah-daerah yang memiliki potensi lebih tinggi dari daerah lain.

Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan pengenalan wilayah ini adalah:

1. Mensyukuri ni’mat Allah SWT akan karunia bumi Indonesia yang subur dan makmur;

2. Mengenalkan anggota pada lokasi rawan bencana di daerah Karanganyar;

3. Memupuk keakraban dan silaturahim antar anggota;

Peserta adalah anggota Rescue MTA dan Pemuda MTA di Kabupaten Karanganyar sejumlah + 80 Peserta.

DSCF9343

 

Acara dimulai di MTA Cabang Karanganyar Kota pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2013 pukul 07.00 s/d 15.00 WIB.

 

 

Pendataan dan Briefing 07.00 – 07.30
Pemberangkatan 08.00
Kecamatan Jumapolo 08.40
Kecamatan Jatipuro 09.10
Kecamatan Jatiyoso 09.40
Kecamatan Tawangmangu 11.10
MTA Jumantono 3 11.40
MTA Karanganyar Kota 12.10
ISHOMA Dzuhur 12.10- 13.00

Kegiatan Pengenalan Wilayah Rawan Bencana ini diharapkan dapat dilaksanakan ke wilayah-wilayah lain di Kabupaten Karanganyar pada masa mendatang, sehingga pengenalan dan rasa cinta anggota terhadap wilayah Indonesia dapat meningkat dan silaturahim antar anggota akan semakin kuat.

 

DSCF9378 DSCF9392