Shabar dalam menghadapi Mushibah

Firman Allah SWT :

وَ لَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مّنَ اْلخَوْفِ وَ اْلجُوْعِ وَ نَقْصٍ مّنَ اْلاَمْوَالِ وَ اْلاَنْفُسِ وَ الثَّمَرَاتِ وَ بَشّرِ الصَّابِرِيْنَ. الَّذِيْنَ اِذَا اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ قَالُوْآ اِنَّا ِللهِ وَ اِنَّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ. اُولئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مّنْ رَّبّهِمْ وَ رَحْمَةٌ، وَ اُولئِكَ هُمُ اْلمُهْتَدُوْنَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang shabar, (155) (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa mushibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun” (156) Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (157)   [QS. Al-Baqarah : 155-157]

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَ مَا عِنْدَ اللهِ بَاقٍ وَّ لَنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوْآ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang shabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. [QS. An-Nahl : 96]

اِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bershabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. [QS. Az-Zumar : 10]

وَ اَطِيْعُوا اللهَ وَ رَسُوْلَه وَ لاَ تَنَازَعُوْا فَتَفْشَلُوْا وَ تَذْهَبَ رِيْحُكُمْ وَ اصْبِرُوْا، اِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْنَ

Dan tha’atlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bershabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang shabar. [QS. Al-Anfaal : 46]

اُولئِكَ يُجْزَوْنَ اْلغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوْا وَ يُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَّ سَلاَمًا

Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena keshabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya, [QS. Al-Furqaan : 75]

فَاصْبِرْ اِنَّ وَعْدَ اللهِ حَقٌّ وَّ اسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَ سَبّحْ بِحَمْدِ رَبّكَ بِالْعَشِيّ وَ اْلإِبْكَارِ

Maka bershabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi. [QS. Al-Mukmin : 55]

Hadits Nabi SAW :

عَنْ صُهَيْبِ الرُّوْمِيِّ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: عَجَبًا ِلاَمْرِ اْلمُؤْمِنِ، اِنَّ اَمْرَهُ لَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَ لَيْسَ ذلِكَ ِلاَحَدٍ اِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ. اِنْ اَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ. وَ اِنْ اَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ، فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Dari Shuhaib Ar-Rumiy RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh mengagumkan urusannya orang mukmin itu, semua urusannya menjadi kebaikan untuknya, dan tidak didapati yang demikian itu kecuali pada orang mukmin. Apabila dia mendapatkan kesenangan dia bersyukur, maka yang demikian itu menjadi kebaikan baginya. Dan apabila dia ditimpa kesusahan ia bershabar, maka yang demikian itu pun menjadi kebaikan baginya”. [HR. Muslim]

عَنْ اَنَسٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا اَحَبَّ اللهُ عَبْدًا اَوْ اَرَادَ اَنْ يُصَافِيَهُ صَبَّ عَلَيْهِ اْلبَلاَءَ صَبًّا وَ ثَجَّهُ عَلَيْهِ ثَجًّا. فَاِذَا دَعَا اْلعَبْدُ، قَالَ: يَا رَبَّاهُ، قَالَ اللهُ: لَبَّيْكَ يَا عَبْدِى لاَ تَسْأَلُنِى شَيْئًا اِلاَّ اَعْطَيْتُكَ. اِمَّا اَنْ اُعَجِّلَهُ لَكَ وَ اِمَّا اَنْ اَدَّخِرَهُ لَكَ

Dari Anas RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila Allah mencintai seorang hamba atau ingin membersihkannya, maka Allah memberi dan mencurahkan cobaan kepadanya. Maka apabila hamba itu berdoa dengan mengucapkan “Wahai Tuhanku”, Allah berfirman, “Labbaik hai hamba-Ku. Tidaklah kamu meminta sesuatu kepada-Ku, kecuali Aku memberikannya kepadamu. Adakalanya Aku menyegerakan untukmu dan adakalanya aku menjadikannya simpanan untukmu”. [HR. Ibnu Abid-Dunya]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُصِبْ مِنْهُ. مالك و البخارى

Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang Allah menghendaki kebaikan padanya, maka Allah memberinya cobaan”. [HR. Malik dan Bukhari]

عَنْ مَحْمُوْدِ بْنِ لَبِيْدٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِذَا اَحَبَّ اللهُ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ، فَمَنْ صَبَرَ فَلَهُ الصَّبْرُ. وَ مَنْ جَزَعَ فَلَهُ اْلجَزَعُ. احمد

Dari Mahmud bin Labid, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Apabila Allah mencintai pada suatu kaum, maka Allah memberi cobaan kepada mereka. Maka barangsiapa bershabar, dia mendapatkan (pahala) keshabaaran itu. Dan barangsiapa berkeluh kesah, ia mendapatkan keluh kesah itu”. [HR. Ahmad]

عَنْ اَنَسٍ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: اِنَّ عِظَمَ اْلجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ اْلبَلاَءِ، وَ اِنَّ اللهَ تَعَالَى اِذَا اَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ، فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا، وَ مَنْ سَخِطَ فَلَهُ السُّخْطُ. ابن ماجه و الترمذى و قال حديث حسن غريب.

Dari Anas RA dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya besarnya balasan (pahala) tergantung besarnya cobaan. Dan sesungguhnya apabila Allah ta’ala mencintai suatu kaum, Dia memberi cobaan kepada mereka. Maka barangsiapa yang ridla, dia mendapatkan (pahala) keridlaan itu. Dan barangsiapa yang marah, dia mendapatkan kemarahan itu. [HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi, ia berkata : Hadits hasan gharib]

عَنْ اَبِى مَالِكِ اْلاَشْعَرِيّ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَلطُّهُوْرُ شَطْرُ اْلاِيْمَانِ، وَ اْلحَمْدُ ِللهِ تَمْـَلأُ اْلمِيْزَانِ، وَ سُبْحَانَ اللهِ وَ اْلحَمْدُ ِللهِ تَمْـَلآنِ اَوْ تَمْـَلأُ مَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَ اْلاَرْضِ، وَ الصَّلاَةُ نُوْرٌ وَ الصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ، وَ الصَّبْرُ ضِيَاءٌ وَ اْلقُرْانُ حُجَّةٌ لَكَ اَوْ عَلَيْكَ، كُلُّ النَّاسِ يَغْدُوْ فَبَائِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْطِقُهَا اَوْ مُوْبِقُهَا. مسلم

Dari Abu Malik Al-Asy’ariy RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Kebersihan itu separo iman, Al-hamdu lillah memenuhi mizan, Subhanallah dan Al-hamdu lillah keduanya memenuhi atau hal itu memenuhi antara langit dan bumi. Shalat adalah pancaran, sedeqah adalah tanda bukti (keimanan), shabar adalah cahaya, Al-Qur’an adalah hujjah bagimu atau atasmu. Setiap manusia pada waktu pagi menjual dirinya. Dia membebaskan dirinya atau membinasakannya (dari neraka)”. [HR. Muslim].

عَنْ اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيِّ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: وَ مَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللهُ، وَ مَا اُعْطِيَ اَحَدٌ عَطَاءً خَيْرًا وَ اَوْسَعَ مِنَ الصَّبْرِ. البخارى و مسلم

Dari Abu Sa’id Al-Khudriy RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berusaha bershabar, maka Allah memberinya keshabaran. Dan tidaklah seseorang diberi suatu pemberian yang lebih baik dan lebih luas dari pada keshabaran”. [HR. Bukhari dan Muslim]

و رواه الحاكم من حديث ابى هريرة مختصرا: مَا رَزَقَ اللهُ عَبْدًا خَيْرًا لَهُ وَ لاَ اَوْسَعَ مِنَ الصَّبْرِ. و قال صحيح على شرطهما

Hakim juga meriwayatkan dari haditsnya Abu Hurairah dengan ringkas (beliau bersabda), “Tidaklah Allah memberi rezqi kepada hamba sesuatu yang lebih baik dan lebih luas daripada keshabaran”. [HR. Hakim, ia berkata shahih atas syarath Bukhari Muslim]

عَنْ اَنَسٍ رص قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَلزَّهَادَةُ فِى الدُّنْيَا لَيْسَتْ بِتَحْرِيْمِ اْلحَلاَلِ وَ لاَ اِضَاعَةِ اْلمَالِ. وَ لكِنَّ الزَّهَادَةَ فِى الدُّنْيَا اَنْ لاَ تَكُوْنَ بِمَا فِى يَدِكَ اَوْثَقَ مِنْكَ بِمَا فِى يَدِ اللهِ، وَ اَنْ تَكُوْنَ فِى ثَوَابِ اْلمُصِيْبَةِ اِذَا اَنْتَ اُصِبْتَ بِهَا اَرْغَبَ فِيْهَا لَوْ اَنَّهَا اُبْقِيَتْ لَكَ. الترمذى

Dari Anas RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Zuhud dunia itu bukanlah dengan mengharamkan sesuatu yang halal, dan tidak pula dengan menyia-nyiakan harta. Tetapi zuhud dunia itu ialah supaya kamu tidak menjadikan apa yang di tanganmu lebih kamu andalkan dari pada apa yang ada di tangan Allah. Dan kamu menjadikan pahala mushibah apabila kamu tertimpa mushibah lebih senang padanya seandainya mushibah itu tetap ada padamu”. [HR. Tirmidzi]

عَنْ سَخْبَرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ اُعْطِيَ فَشَكَرَ، وَ ابْتُلِيَ فَصَبَرَ، وَ ظَلَمَ فَاسْتَغْفَرَ، وَ ظُلِمَ فَغَفَرَ، ثُمَّ سَكَتَ. فَقَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا لَهُ؟ قَالَ: اُولئِكَ لَهُمُ اْلاَمْنُ وَ هُمْ يَهْتَدُوْنَ. الطبرانى

Dari Sakhbarah RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa diberi lalu berterima kasih, jika diberi cobaan dia bershabar, jika ia berbuat dhalim lalu mohon ampun, jika didhalimi dia memaafkan”. Kemudian Rasulullah SAW diam. Maka para shahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana orang tersebut ?”. Beliau bersabda, “Mereka orang-orang yang mendapatkan keamanan dan mereka orang-orang yang mendapat petunjuk”. [HR. Thabrani]

عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ اَبِيْهِ رض قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَيُّ النَّاسِ اَشَدُّ بَلاَءً؟ قَالَ: َاْلاَنْبِيَاءُ، ثُمَّ اْلاَمْثَلُ فَاْلاَمْثَلُ. يُبْتَلَى الرَّجُلُ عَلَى حَسَبِ دِيْنِهِ، فَاِنْ كَانَ دِيْنُهُ صُلْبًا اِشْتَدَّ بَلاَءُهُ، وَ اِنْ كَانَ فِى دِيْنِهِ رِقَّةٌ ابْتَلاَهُ اللهُ عَلَى حَسَبِ دِيْنِهِ. فَمَا يَبْرَحُ بَلاَءُ بِاْلعَبْدِ حَتَّى يَمْشِيَ عَلَى اْلاَرْضِ وَ مَا عَلَيْهِ خَطِيْئَةٌ. ابن ماجه و ابن ابى الدنيا و الترمذى و قال حديث حسن صحيح

Dari Mush’ab bin Sa’ad dari ayahnya RA, ia berkata : Aku pernah bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah manusia yang paling berat cobaannya ?”. Beliau bersabda, “Para Nabi, kemudian orang yang di bawahnya, lalu yang di bawahnya lagi. Seseorang akan diberi cobaan menurut kadar agamanya. Apabila agamanya kuat, akan mendapat cobaan yang berat. Dan jika agamanya tipis (lemah) Allah akan memberinya cobaan menurut agamanya. Maka terus menerus cobaan menimpa pada hamba sehingga ia berjalan di bumi dengan tidak punya dosa atasnya”. [HR. Ibnu Majah, Ibnu Abid-Dunya dan Tirmidzi, ia berkata Hadits Hasan shahih]

و لابن حبان فى صحيحه من رواية العلاء بن مسيب عن ابيه عن سعد قال: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ ص: أَيُّ النَّاسِ اَشَدُّ بَلاَءً؟ قَالَ: اْلاَنْبِيَاءُ، ثُمَّ اْلاَمْثَلُ فَاْلاَمْثَلُ، يُبْتَلَى النَّاسُ عَلَى حَسَبِ دِيْنِهِمْ. فَمَنْ ثَخُنَ دِيْنُهُ اشْتَدَّ بَلاَءُهُ وَ مَنْ ضَعُفَ دِيْنُهُ ضَعُفَ بَلاَءُهُ، وَ اِنَّ الرَّجُلَ فَيُصِيْبُهُ اْلبَلاَءُ حَتَّى يَمْشِيَ فِى النَّاسِ مَا عَلَيْهِ خَطِيْئَةٌ.

Dan bagi Ibnu Hibban di dalam shahihnya dari riwayatnya Al-’Alaa’ bin Musayyib dari ayahnya dari Sa’ad, ia berkata : Rasulullah SAW pernah ditanya, “Siapakah manusia yang paling berat cobaannya ?”. Beliau menjawab, “Para Nabi, kemudian yang di bawahnya, kemudian yang di bawahnya lagi. Manusia diberi cobaan menurut kadar agama mereka. Barangsiapa yang kuat agamanya, berat cobaannya, dan barangsiapa yang lemah agamanya, ringan cobaannya. Sesungguhnya seseorang ditimpa cobaan sehingga ia berjalan di tengah-tengah manusia dengan tidak punya dosa atasnya”.

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ الرَّجُلَ لَيَكُوْنُ لَهُ عِنْدَ اللهِ اْلمَنْزِلَةُ، فَمَا يَبْلُغُهَا بِعَمَلٍ فَمَا يَزَالُ يَبْتَلِيْهِ بِمَا يَكْرَهُ حَتَّى يُبَلِّغَهُ اِيَّاهَا. ابو يعلى و ابن حبان فى صحيحه

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seseorang mempunyai suatu kedudukan di sisi Allah yang tidak bisa ia capai dengan suatu amal, lalu terus menerus Allah memberinya cobaan dengan apa yang tidak disukainya sehingga ia bisa mencapai kedudukan tersebut”. [HR. Abu Ya’la dan Ibnu Hibban, di dalam shahihnya]

عَنْ اَبِى اُمَامَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ لَيَقُوْلُ لِلْمَلاَئِكَةِ اِنْطَلِقُوْا اِلَى عَبْدِى فَصُبُّوْا عَلَيْهِ اْلبَلاَءَ صَبًّا، فَيَحْمَدُ اللهَ فَيَرْجِعُوْنَ فَيَقُوْلُوْنَ: يَا رَبَّنَا صَبَبْنَا عَلَيْهِ اْلبَلاَءَ صَبًّا كَمَا اَمَرْتَنَا، فَيَقُوْلُ: اِرْجِعُوْا فَاِنِّى اُحِبُّ اَنْ اَسْمَعَ صَوْتَهُ. الطبرانى فى الكبير

Dari Abu Umamah RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla berfirman kepada para malaikat, “Pergilah kalian kepada hamba-Ku lalu timpakanlah cobaan padanya”. Lalu hamba itu memuji kepada Allah. Maka para malaikat itu kembali dan berkata, “Wahai Tuhan kami, kami telah menimpakan cobaan sebagaimana Engkau perintahkan kepada kami”. Maka Allah berfirman, “Kembalilah kalian, karena sesungguhnya Aku senang mendengar suara/doanya”. [HR. Thabrani di dalam Al-Kabir]

عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ وَ اَبِى هُرَيْرَةَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَا يُصِيْبُ اْلمُؤْمِنَ مِنْ نَصَبٍ وَ لاَ وَصَبٍ وَ لاَ هَمٍّ وَ لاَ حَزَنٍ وَ لاَ اَذًى وَ لاَ غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُّهَا اِلاَّ كَفَّرَ اللهُ بِهَا خَطَايَاهُ. البخارى

Dari Abu Sa’id dan Abu Hurairah RA dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Tidaklah menimpa kepada orang mukmin berupa kepayahan, penyakit, duka cita, kesusahan, gangguan dan tidak pula kesedihan hati, hingga terkena duripun kecuali dengannya Allah menghapus kesalahan-kesalahannya”. [HR. Bukhari].

عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَا مِنْ مُصِيْبَةٍ تُصِيْبُ اْلمُسْلِمَ اِلاَّ كَفَّرَ اللهُ عَنْهُ بِهَا  حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُّهَا. البخارى و مسلم

Dari ‘Aisyah RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah suatu mushibah menimpa kepada orang muslim, kecuali dengannya Allah menghapus dosa-dosanya, hingga duri yang mengenainya”. [HR. Bukhari dan Muslim]

و فى رواية لمسلم: لاَ يُصِيْبُ اْلمُؤْمِنَ شَوْكَةٌ فَمَا فَوْقَهَا اِلاَّ نَقَصَ اللهُ بِهَا مِنْ خَطِيْئَتِهِ.

Dan di dalam riwayat Muslim, “Tidaklah sebuah duripun yang mengenai orang mukmin atau yang lebih dari  itu, kecuali dengannya Allah mengurangi dosa-dosanya”.

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَا يَزَالُ اْلبَلاَءُ بِاْلمُؤْمِنِ وَ اْلمُؤْمِنَةِ بِنَفْسِهِ وَ وَلَدِهِ وَ مَالِهِ حَتَّى يَلْقَ اللهَ تَعَالَى وَ مَا عَلَيْهِ خَطِيْئَةٌ. الترمذى و قال حديث حسن صحيح، و الحاكم و قال صحيح على شرط مسلم

Dari Abu Hurairah RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Terus menerus cobaan menimpa kepada orang mukmin laki-laki dan orang mukmin perempuan pada dirinya, anaknya dan hartanya, sehingga ia bertemu kepada Allah Ta’ala dalam keadaan tidak punya dosa”. [HR. Tirmidzi, ia berkata : Hadits hasan shahih, dan Hakim ia berkata : Shahih atas syarath Muslim]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ اُصِيْبَ بِمُصِيْبَةٍ بِمَالِهِ اَوْ فِى نَفْسِهِ فَكَتَمَهَا وَ لَمْ يَشْكُهَا اِلَى النَّاسِ كَانَ حَقًّا عَلَى اللهِ اَنْ يَغْفِرَ لَهُ. الطبرانى

Dari Ibnu Abbas RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang ditimpa mushibah pada hartanya, atau dirinya, lalu dia menyembunyikannya dengan tidak mengeluh kepada manusia, maka haq atas Allah untuk mengampuninya”. [HR. Thabrani]

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رض قَالَ: اَتَى رَسُوْلُ اللهِ ص شَجَرَةً فَهَزَّهَا حَتَّى تَسَاقَطَ وَرَقُهَا مَا شَاءَ اللهُ اَنْ يَتَسَاقَطَ، ثُمَّ قَالَ: اَلْمُصِيْبَاتُ وَ اْلاَوْجَاعُ اَسْرَعُ فِى ذُنُوْبِ ابْنِ آدَمَ مِنِّى فِى هذِهِ الشَّجَرَةِ. ابن ابى الدنيا و ابو يعلى

Dari Anas bin Malik RA, ia berkata : Rasulullah SAW mendatangi sebuah pohon, lalu menggoyangkannya hingga daun-daunnya berguguran banyak sekali. Kemudian beliau bersabda, “Mushibah-mushibah dan sakit itu lebih cepat menggugurkan dosa-dosa anak Adam daripada aku menggugurkan (daun-daun) pohon ini”. [HR. Ibnu Abid-Dunya dan Abu Ya’la]

عَنْ اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيِّ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَا مِنْ شَيْءٍ يُصِيْبُ اْلمُؤْمِنَ مِنْ نَصَبٍ وَ لاَ حَزَنٍ وَ لاَ وَصَبٍ حَتَّى اَلْهَمِّ يَهُمُّهُ اِلاَّ يُكَفِّرُ اللهُ عَنْهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ. ابن ابى الدنيا و الترمذى و قال حديث حسن

Dari Abu Sa’id Al-Khudriy RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah sesuatu menimpa orang mukmin berupa lelah, susah, sakit, hingga kesedihan, kecuali dengannya Allah menghapuskan kesalahan-kesalahannya”. [HR. Ibnu Abid-Dunya dan Tirmidzi, ia berkata : Hadits Hasan]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: وَصَبُ اْلمُؤْمِنِ كَفَّارَةٌ لِخَطَايَاهُ. ابن ابى الدنيا و الحاكم و قال صحيح الاسناد

Dari Abu Hurairah RA ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sakitnya orang mukmin adalah kaffarah dosa-dosanya”. [HR. Ibnu Abid Dunya dan Hakim, ia berkata : Shahih sanadnya]

عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا اشْتَكَى اْلعَبْدُ اْلمُؤْمِنُ اَخْلَصُهُ اللهُ مِنَ الذُّنُوْبِ كَمَا يُخَلِّصُ اْلكِيْرُ خَبَثَ اْلحَدِيْدِ. ابن ابى الدنيا و الطبرانى و اللفظ له و ابن حبان فى صحيحه

Dari ‘Aisyah RA bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Apabila seorang hamba mukmin mengaduh karena sakit, maka Allah membersihkannya dari dosa-dosa sebagaimana apinya tukang pandai besi membersihkan kotoran besi”. [HR. Ibnu Abid Dunya, Thabrani lafadh itu baginya dan Ibnu Hibban di dalam Shahihnya]

عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَا ضَرَبَ عَلَى مُؤْمِنٍ عِرْقٌ قَطُّ اِلاَّ حَطَّ اللهُ بِهِ عَنْهُ خَطِيْئَةً وَكَتَبَ لَهُ حَسَنَةً وَ رَفَعَ لَهُ دَرَجَةً. ابن ابى الدنيا و الطبرانى باسناد حسن و اللفظ له و الحاكم و قال صحيح الاسناد

Dari ‘Aisyah RA ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah suatu penyakit mengenai orang mukmin kecuali dengannya Allah menghapus kesalahannya, mencatat kebaikan untuknya, dan mengangkat derajatnya”. [HR. Ibnu Abid Dunya, Thabrani lafadh itu baginya dan Hakim, ia berkata : Shahih sanadnya]

عَنْ اَبِى مُوْسَى رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا مَرِضَ اْلعَبْدُ اَوْ سَافَرَ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ مَا كَانَ يَعْمَلُ مُقِيْمًا صَحِيْحًا. البخارى و ابو داود

Dari Abu Musa RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seorang hamba sedang sakit atau sedang musafir, akan dicatat baginya seperti apa yang biasa diamalkan sewaktu tidak bepergian dan sewaktu sehat”. [HR. Bukhari dan Abu Dawud]

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: مَا مِنْ اَحَدٍ مِنَ النَّاسِ يُصَابُ مِنْ بَلاَءٍ فِى جَسَدِهِ اِلاَّ اَمَرَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ اْلمَلاَئِكَةَ الَّذِيْنَ يَحْفَظُوْنَهُ، قَالَ: اُكْتُبُوْا لِعَبْدِى لِكُلِّ يَوْمٍ وَ لَيْلَةٍ مَا كَانَ يَعْمَلُ مِنْ خَيْرٍ مَا كَانَ فِى وَثَاقِى. احمد و اللفظ له و الحاكم و قال صحيح على شرطهما

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar RA, dari Nabi SAW beliau bersabda, “Tidaklah seorangpun dari manusia yang ditimpa suatu balak pada jasadnya kecuali Allah memerintah kepada para malaikat yang menjaganya. Allah berfirman, “Catatlah untuk hamba-Ku setiap hari dan malam apa-apa yang biasa dikerjakan berupa kebaikan selama dia tetap thaat kepada-Ku”. [HR. Ahmad, lafadh itu baginya dan Hakim, ia berkata : Shahih atas syarath Bukhari Muslim]

و فى رواية لاحمد قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ اْلعَبْدَ اِذَا كَانَ عَلَى طَرِيْقَةٍ حَسَنَةٍ مِنَ اْلعِبَادَةِ ثُمَّ مَرِضَ، قِيْلَ لِلْمَلَكِ اْلمُوَكَّلِ بِهِ: اُكْتُبْ لَهُ مِثْلَ عَمَلِهِ اِذَا كَانَ طَلِيْقًا حَتَّى اُطْلِقَهُ اَوْ اَكْفِتَهُ اِلَيَّ. و اسناده حسن

Dan dalam satu riwayat bagi Ahmad, dikatakan : Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba apabila tetap dengan beribadah pada jalan yang baik, kemudian dia sakit, dikatakan kepada malaikat yang diserahinya, “Tulislah baginya seperti amalnya diwaktu sehat, hingga dia sembuh kembali atau Aku mewafatkannya”.

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا ابْتَلَى اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ اْلبَعْدَ اْلمُسْلِمَ بِبَلاَءٍ فِى جَسَدِهِ قَالَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ لِلْمَلَكِ اُكْتُبْ لَهُ صَالِحَ عَمَلِهِ الَّذِى كَانَ يَعْمَلُ، وَ اِنْ شَفَاهُ غَسَلَهُ وَ طَهَّرَهُ. وَ اِنْ قَبَضَهُ غَفَرَ لَهُ وَ رَحِمَهُ. احمد و رواته ثقات

Dari Anas bin Malik RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila Allah ’Azza wa Jalla memberi cobaan kepada hamba-Nya yang muslim dengan cobaan pada jasadnya, Allah ‘Azza wa Jalla berfirman kepada malaikat, “Catatlah untuknya kebaikan amalnya yang biasa dia kerjakan”. Dan jika Allah memberinya kesembuhan, Allah mensucikan-nya dan membersihkannya, dan jika Allah mencabutnya (mewafat-kannya) Allah mengampuni dan memberinya rahmat”. [HR. Ahmad dan para perawinya tsiqat]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَا مِنْ عَبْدٍ يَمْرَضُ مَرَضًا اِلاَّ اَمَرَ اللهُ حَافِظَهُ اِنَّ مَا عَمِلَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَلاَ يَكْتُبُهَا. وَ مَا عَمِلَ مِنْ حَسَنَةٍ اَنْ يَكْتُبَهَا عَشْرَ حَسَنَاتٍ وَ اَنْ يَكْتُبَ لَهُ مِنَ اْلعَمَلِ الصَّالِحِ كَمَا كَانَ يَعْمَلُ وَ هُوَ صَحِيْحٌ وَ اِنْ لَمْ يَعْمَلْ. ابو يعلى و ابن ابى الدنيا

Dari Abu Hurairah RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang hamba yang sedang sakit kecuali Allah memerintahkan kepada penjaganya  bahwa apa yang telah ia kerjakan berupa kejelekan maka tidak usah dicatatnya, dan apa yang telah ia kerjakan berupa kebaikan, malaikat supaya mencatatnya sepuluh kebaikan dansupaya mencatat untuknya amal shaleh sebagai mana yang dikerjakan di waktu ia sehat, meskipun (di waktu sakit itu) dia tidak mengerjakan”. [HR. Abu Ya’la dan Ibnu Abid Dunya]

عَنْ بُرَيْدَةَ اْلاَسْلاَمِيِّ رض قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص يَقُوْلُ: مَا اَصَابَ رَجُلاً مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ نَكْبَةٌ فَمَا فَوْقَهَا حَتَّى ذَكَرَ الشَّوْكَةَ اِلاَّ ِلاِحْدَى خَصْلَتَيْنِ: اِمَّا لِيَغْفِرَ اللهُ لَهُ مِنَ الذُّنُوْبِ ذَنْبًا لَمْ يَكُنْ لِيَغْفِرَهُ لَهُ اِلاَّ بِمِثْلِ ذلِكَ، اَوْ يَبْلُغَ بِهِ مِنَ اْلكَرَامَةِ كَرَامَةً لَمْ يَكُنْ لِيَبْلُغَهَا اِلاَّ بِمِثْلِ ذلِكَ. ابن ابى الدنيا

Dari Buraidah Al-Aslamiy RA ia berkata : Aku mendengar Nabi SAW bersabda, “Tidaklah suatu bencana menimpa seseorang dari kaum muslimin atau yang lebih ringan dari itu hingga beliau menyebutkan sebuah duri, kecuali untuk salah satu dari dua hal. Ada kalanya supaya Allah mengampuni dosanya yang Allah tidak mengampuninya kecuali dengan hal seperti itu. Atau dengannya Allah menyampaikannya kepada kemulyaan yang Allah tidak menyampaikannya kecuali dengan hal seperti itu”. [HR. Ibnu Abid-Dunya]

عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: عَجَبٌ لِلْمُؤْمِنِ وَ جَزَعِهِ مِنَ السَّقَمِ، وَ لَوْ كَانَ يَعْلَمُ مَا لَهُ مِنَ السَّقَمِ اَحَبَّ اَنْ يَكُوْنَ سَقِيْمًا الدَّهْرَ، ثُمَّ اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص رَفَعَ رَأْسَهُ اِلَى السَّمَاءِ فَضَحِكَ فَقِيْلَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مِمَّ رَفَعْت رَأْسَكَ اِلَى السَّمَاءِ وَ ضَحِكْتَ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: عَجِبْتُ مِنْ مَلَكَيْنِ كَانَا يَلْتَمِسَانِ عَبْدًا فِى مُصَلًّى كَانَ يُصَلِّي فِيْهِ فَلَمْ يَجِدَاهُ فَرَجَعَا فَقَالاَ: يَا رَبَّنَا عَبْدُكَ فُلاَنٌ كُنَّا نَكْتُبُ لَهُ فِى يَوْمِهِ وَ لَيْلَتِهِ. عَمَلَهُ الَّذِى كَانَ يَعْمَلُ فَوَجَدْنَاهُ حَبَسْتَهُ فِى حِبَالِكَ. قَالَ اللهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالىَ: اُكْتُبُوْ لِعَبْدِى عَمَلَهُ الَّذِى كَانَ يَعْمَلُ فِى يَوْمِهِ وَ لَيْلَتِهِ وَ لاَ تَنْقُصُوْا مِنْهُ شَيْئًا وَ عَلَيَّ اَجْرُهُ مَا حَبَسْتُهُ وَ لَهُ اَجْرُ مَا كَانَ يَعْمَلُ. ابن ابى الدنيا و الطبرانى فى الاوسط

Dari Ibnu Mas’ud RA ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Sesuatu hal yang mengagumkan orang mukmin dan kesusahannya karena sakit, seandainya dia mengetahui apa yang dia dapatkan dari sakit itu, ia akan senang kalau dia sakit sepanjang tahun”. Kemudian Rasulullah SAW mengangkat kepalanya ke langit lalu tertawa. Ada yang bertanya, “Ya Rasulullah, apa sebabnya engkau mengangkat kepalamu ke langit lalu tertawa ?”. Rasulullah SAW menjawab, “Aku heran pada dua malaikat yang mencari seorang hamba di mushalla yang dia biasa shalat di dalamnya, tetapi kedua malaikat itu tidak mendapatinya, lalu keduanya kembali dan berkata, “Wahai Tuhan kami, hamba-Mu si fulan yang biasa kami mencatat amalnya yang dia lakukan siang dan malam, kami mendapatinya dia tertahan karena sakit”. Allah yang Maha Suci lagi Maha Tinggi berfirman, “Catatlah untuk hamba-Ku amalnya yang biasa dia kerjakan siang dan malamnya dan jangan kamu kurangi sedikitpun, dan menjadi tanggungan-Ku pahalanya selama Aku menahannya, dan ia akan mendapatkan pahala sebagaimana yang biasa ia  kerjakan”. [HR. Ibnu Abid Dunya dan Thabrani]

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رض اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: لاَ يَمْرَضُ مُؤْمِنٌ وَ لاَ مُؤْمِنَةٌ وَ لاَ مُسْلِمٌ وَ لاَ مُسْلِمَةٌ اِلاَّ حَطَّ اللهُ بِهِ خَطِيْئَتَهُ. و فِى رواية اِلاَّ حَطَّ اللهُ عَنْهُ مِنْ خَطَايَاهُ. احمد و البزار و ابو يعلى

Dari Jabir bin Abdullah RA, bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah sakit orang mukmin maupun mukminah, muslim maupun muslimah, kecuali dengannya Allah menghapus kesalahan-kesalahannya”. Dan dalam satu riwayat, “Kecuali Allah menghapus kesalahan-kesalahan darinya”. [HR. Ahmad, Al-Bazzar dan Abu Ya’la]

عَنْ اَسَدِ بْنِ كُرْزٍ رض اَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ ص يَقُوْلُ: اَلْمَرِيْضُ تَحَاتُّ خَطَايَاهُ كَمَا يَتَحَاتُّ وَرَقُ الشَّجَرِ. عبد الله بن احمد و ابن ابى الدنيا باسناد حسن

Dari Asad bin Kurzin RA bahwasanya ia telah mendengar Nabi SAW bersabda, “Orang yang sakit itu dosa-dosanya berguguran sebagaimana daun-daun pohon berguguran”. [HR. Abdullah bin Ahmad dan Ibnu Abid Dunya dengan sanad Hasan]

عَنْ اُمِّ اْلعَلاَءِ رض قَالَتْ: عَادَنِى رَسُوْلُ اللهِ ص وَ اَنَا مَرِيْضَةٌ فَقَالَ: اَبْشِرِى يَا اُمَّ اْلعَلاَءِ، فَاِنَّ مَرَضَ اْلمُسْلِمِ يُذْهِبُ اللهُ بِهِ خَطَايَاهُ كَمَا تُذْهِبُ النَّارُ خَبَثَ اْلفِضَّةِ. ابو داود

Dari Ummul ‘Alaa’ RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah menjengukku pada waktu aku sedang sakit. Beliau bersabda, “Bergembiralah wahai Ummul ‘Alaa’, karena sakitnya orang muslim itu dengannya Allah menghilangkan kesalahan-kesalahannya sebagaiman api menghilangkan kotoran-kotoran perak”. [HR. Abu Dawud]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ لَمَّا نَزَلَتْ {مَنْ يَعْمَلْ سُوْءًا يُجْزَ بِهِ. النساء:123}. فَقَالَ: اِنَّا لَنُجْزَى بِكُلِّ مَا عَمِلْنَا هَلَكْنَا اِذًا. فَبَلَغَ ذلِكَ رَسُوْلَ اللهِ ص فَقَالَ: نَعَمْ. يُجْزَى بِهِ فِى الدُّنْيَا مِنْ مُصِيْبَةٍ فِى جَسَدِهِ مِمَّا يُؤْذِيْهِ. ابن حبان فى صحيحه

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Setelah turun ayat (Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan akan dibalasi dengannya : An Nisa : 123) lalu Abu Hurairah berkata, “Sungguh kita akan dibalasi dengan setiap apa yang kita kerjakan. Kalau begitu kita akan hancur binasa”. lalu masalah itu sampai kepada Rasulullah SAW, maka beliau bersabda : “Ya, dibalasi di dunia berupa mushibah yang mengenai jasadnya, dari apa-apa yang menyakitkannya”. [HR. Ibnu Hibban di dalam shahihnya]

عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رض قَالَ: دَخَلْتُ عَلَى النَّبِيِّ ص فَمَسَسْتُهُ فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّكَ تُوْعَكُ وَعْكًا شَدِيْدًا. فَقَالَ: اَجَلْ. اِنِّى اُوْعَكُ كَمَا يُوْعَكُ رَجُلاَنِ مِنْكُمْ. قُلْتُ: ذلِكَ بِاَنَّ لَكَ اَجْرَيْنِ؟ قَالَ: اَجَلْ. مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيْبُهَا اَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ اِلاَّ حَطَّ اللهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا. البخارى و مسلم

Dari Ibnu Mas’ud RA ia berkata : Aku pernah datang kepada Nabi SAW (di kala beliau sedang sakit), lalu aku memegang beliau dan berkata,  “Ya Rasulullah, sesungguhnya engkau panas sekali”. Beliau bersabda, “Ya. Sesungguhnya aku ditimpa panas sebagaimana (panasnya) dua orang dari kalian”. Aku bertanya, “Yang demikian itu apakah karena engkau mendapatkan dua pahala ?”. Beliau menjawab, “Ya. Tidaklah seorang muslim yang ditimpa gangguan berupa sakit atau lainnya, kecuali dengannya Allah menghapus kesalahan-kesalahannya sebagaimana pohon menggugurkan daun-daunnya”. [HR. Bukhari dan Muslim]

عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ اْلخُدْرِيِّ رض اَنَّ رَجًلاً مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَرَأَيْتَ هذِهِ اْلاَمْرَاضَ الَّتِى تُصِيْبُنَا مَا لَنَا بِهَا؟ قَالَ: كَفَّارَاتٌ. قَالَ اُبَيٌّ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَ اِنْ قَلَّتْ؟ قَالَ: وَ اْنْ شَوْكَةً فَمَا فَوْقَهَا. فَدَعَا عَلَى نَفْسِهِ اَنْ لاَ يُفَارِقَهُ اْلوَعَكُ حَتَّى يَمُوْتَ. وَ اَنْ لاَ يَشْغَلَهُ عَنْ حَجٍّ وَ لاَ عُمْرَةٍ وَ لاَ جِهَادٍ فِى سَبِيْلِ اللهِ وَ لاَ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ فِى جَمَاعَةٍ. قَالَ: فَمَا مَسَّ اِنْسَانٌ جَسَدَهُ اِلاَّ وَجَدَ حَرَّهَا حَتَّى مَاتَ. احمد و ابن ابى الدنيا و ابو يعلى و ابن حبان فى صحيحه

Dari Abu Sa’id Al-Khudriy RA, sesungguhnya ada seorang laki-laki dari kaum muslimin bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang sakit-sakit yang menimpa kami ini ?. Apa yang kami dapatkan dengannya ?”. Beliau SAW bersabda, “Ia merupakan kaffarat (dari dosa-dosa kalian)”. Ubaiy bertanya, “Meskipun sakitnya itu sedikit ya Rasulullah ?”. Beliau menjawab, “Meskipun terkena duri atau yang lebih dari itu”. Lalu ia mengharapkan supaya tidak terpisahkan oleh penyakit demam hingga mati, tetapi supaya tidak merepotkannya dari mengerjakan hajji, umrah, jihad di jalan Allah dan shalat wajib berjamaah. Abu Sa’id berkata, “Maka tidaklah seseorang menyentuh tubuhnya kecuali ia mendapati panasnya hingga ia meninggal”. [HR. Ahmad, Ibnu Abid Dunnya, Abu Ya’la dan Ibnu Hibban di dalam shahihnya]

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُعَاذٍ بْنِ اُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ اَنَّهُ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا جَزَاءُ اْلحُمَّى؟ قَالَ: تَجْرِى اْلحَسَنَاتُ عَلَى صَاحِبِهَا مَا اخْتَلَجَ عَلَيْهِ قَدَمٌ اَوْ ضَرَبَ عَلَيْهِ عِرْقٌ. قَالَ اَبَيٌّ: اَللّهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ حُمًّى لاَ تَمْنَعُنِى خُرُوْجًا فِى سَبِيْلِكَ وَ لاَ خُرُوْجًا اِلَى بَيْتِكَ وَ لاَ مَسْجِدِ نَبِيِّكَ. قَالَ: فَلَمْ يُمَسَّ اُبَيٌّ قَطُّ اِلاَّ وَ بِهِ حُمًّى. الطبرانى

Dari Muhammad bin Mu’adz bin Ubaiy bin Ka’ab dari ayahnya dari kakeknya, ia bertanya, “Ya Rasulullah, apa balasan sakit demam itu ?”. Beliau bersabda, “Kebaikan-kebaikan akan mengalir pada orang yang terkena sakit itu selama kakinya bergetar dan uratnya sakit”. Lalu Ubay berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu sakit demam tetapi tidak menghalangiku untuk keluar di jalan-Mu, keluar ke rumah-Mu, dan tidak menghalangiku keluar ke masjid Nabi-Mu”. (Muhammad bin Mu’adz) berkata, “Maka tidak pernah sekalipun Ubaiy itu disentuh, kecuali badannya panas”. [HR. Thabrani]

عَنْ اَبِى الدَّرْدَاءِ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اِنَّ الصُّدَاعَ وَ اْلمَلِيْلَةَ لاَ تَزَالُ بِاْلمُؤْمِنِ وَ اِنَّ ذَنْبَهُ مِثْلُ اُحُدٍ فَمَا تَدَعُهُ وَ عَلَيْهِ مِنْ ذلِكَ مِثْقَالُ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ. و فى رواية: مَا يَزَالُ اْلمَرْأُ اْلمُسْلِمُ بِهِ اْلمَلِيْلَةُ وَ الصُّدَاعُ وَ اِنَّ عَلَيْهِ مِنَ اْلخَطَايَا َلاَعْظَمَ مِنْ اُحُدٍ حَتَّى تَتْرُكَهُ مَا عَلَيْهِ مِنَ اْلخَطَايَا مِثْقَالُ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ. احمد و ابن ابى الدنيا و الطبرانى

Dari Abu Darda’ RA ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya sakit kepala dan demam senantiasa menimpa pada orang mukmin, sehingga dosanya meskipun sebesar gunung Uhud, tidaklah tertinggal karenanya meskipun sebiji sawi”. Dan dalam satu riwayat : “Senantiasa orang Islam tertimpa demam dan sakit kepala, sedangkan kesalahan-kesalahannya lebih besar dari pada gunung Uhud, sehingga (hilanglah) kesalahan-kesalahannya itu dan tidak tertinggal meskipun sebiji sawi”. [HR. Ahmad, Ibnu Abid Dunya, dan Thabrani]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ تَزَالُ اْلمَلِيْلَةُ وَ الصُّدَاعُ بِاْلعَبْدِ وَ اْلاَمَةِ وَ اِنَّ عَلَيْهِمَا مِنَ اْلخَطَايَا مِثْلَ اُحُدٍ فَمَا تَدَعُهُمَا وَ عَلَيْهِمَا مِثْقَالُ خَرْدَلَةٍ. ابو يعلى و رواته ثقات

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Senantiasa demam dan sakit kepala menimpa seorang hamba laki-laki maupun perempuan. Sedangkan pada kedua orang tersebut ada kesalahan sebesar gunung Uhud sehingga (hilang dan) tidak tertinggal padanya meskipun sebiji sawi”. [HR. Abu Ya’la, para perawinya tsiqat]

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: مَنْ صُدِعَ رَأْسُهُ فِى سَبِيْلِ اللهِ فَاحْتَسَبَ غُفِرَ لَهُ مَا كَانَ قَبْلَ ذلِكَ مِنْ ذَنْبٍ. الطبرانى و البزار باسناد حسن

Dari Abdullah bin Umar RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa sakit kepala fii sabiilillah, lalu dia mengharapkan pahalanya di sisi Allah, maka diampuni baginya dosa-dosa sebelum itu”. [HR. Thabrani dan Al-Bazzar dengan sanad hasan]

عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ اْلخُدْرِيِّ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: صُدَاعُ اْلمُؤْمِنِ وَ شَوْكَةٌ يُشَاكُهَا اَوْ شَيْءٌ يَؤْذِيْهِ يَرْفَعُهُ اللهُ بِهَا يَوْمَ اْلقِيَامَةِ دَرَجَةً وَ يُكَفِّرُ عَنْهُ بِهَا ذُنُوْبَهُ. ابن ابى الدنيا و رواته ثقات

Dari Abu Sa’id Al-Khudriy RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Pusingnya orang mukmin, atau duri yang mengenainya, atau sesuatu yang menyakitkannya, menjadikan Allah mengangkat derajatnya pada hari qiyamat dan menghapus dosa-dosanya”. [HR. Ibnu Abid Dunya, para perawinya tsiqat]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اِنَّ اللهَ لَيَبْتَلِى عَبْدَهُ بِالسَّقَمِ حَتَّى يُكَفِّرَ ذلِكَ عَنْ كُلِّ ذَنْبٍ. الحاكم

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah mencobai hamba-Nya dengan sakit, sehingga dengan itu Allah menghapus semua dosa-dosanya”. [HR. Hakim, ia berkata shahih atas syarath Bukhari dan Muslim]

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ اَبِى بَكْرٍ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِنَّمَا مَثَلُ اْلعَبْدِ اْلمُؤْمِنِ حِيْنَ يُصِيْبُهُ اْلوَعَكُ وَ اْلحُمَّى كَحَدِيْدَةٍ تَدْخُلُ النَّارَ فَيَذْهَبُ خَبَثُهَا وَ يَبْقَى طِيْبُهَا. الحاكم و قال صحيح الاسناد

Dari Abdurrahman bin Abu Bakar RA, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya perumpamaan orang mukmin ketika ditimpa panas dan demam adalah seperti besi yang masuk pada api, sehingga hilanglah kotorannya dan tinggallah besi yang bersih”. [HR. Al-Hakim, ia berkata : Shahih sanadnya]

عَنْ فَاطِمَةَ اْلخُزَاعِيَّةِ رض قَالَتْ: عَادَ النَّبِيُّ ص امْرَأَةً مِنَ اْلاَنْصَارِ وَ هِيَ وَجِعَةٌ، فَقَالَ لَهَا: كَيْفَ تَجِدِيْنَكِ؟ وَ قَالَتْ: بِخَيْرٍ اِلاَّ اَنَّ اُمَّ مِلْدَمٍ قَدْ بَرَحَتْ بِى، فَقَالَ النَّبِيُّ ص: اِصْبِرِى فَاِنَّهَا تُذْهِبُ خَبَثَ ابْنِ آدَمَ كَمَا يُذْهِبُ اْلكِيْرُ خَبَثَ اْلحَدِيْدِ. الطبرانى و رواته رواة الصحيح

Dari Fathimah Al-Khuza’iyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah menjenguk seorang wanita Anshar yang sedang sakit. Kemudian beliau bertanya kepadanya, “Bagaimana keadaanmu ?”. Wanita Anshar itu menjawab, “Baik, hanya saja Ummu Mildam (sebutan untuk sakit demam) menyusahkan aku”. Nabi SAW bersabda, “Sabarlah kamu karena sesungguhnya sakit itu menghilangkan kotoran-kotoran anak Adam sebagaimana apinya tukang pandai besi menghilangkan kotoran besi”. [HR. Thabrani, para perawinya perawi-perawi shahih]

عَنِ اْلحَسَنِ رض رَفَعَهُ قَالَ: اِنَّ اللهَ لَيُكَفِّرُ عَنِ اْلمُؤْمِنِ خَطَايَاهُ كَلَّهَا بِحُمَّى لَيْلَةٍ. ابن ابى الدنيا

Dari Hasan RA, dia merafa’kannya, ia berkata, “Sesungguhnya Allah menghapus semua kesalahan-kesalahan orang mukmin dengan demam semalam”. [HR. Ibnu Abid Dunya]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَنْ وُعِكَ لَيْلَةً فَصَبَرَ وَ رَضِيَ بِهَا عَنِ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ خَرَجَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمَ وَلَدَتْهُ اُمُّهُ. ابن ابى الدنيا

Dari Abu Hurairah RA dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Barangsiapa sakit demam semalam, lalu dia sabar dan ridla kepada Allah ‘Azza wa Jalla, niscaya dia keluar dari dosa-dosanya sebagaimana hari ketika ia dilahirkan oleh ibunya”. [HR. Ibnu Abid Dunya]

عَنْ اَنَسٍ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ قَالَ: اِذَا ابْتَلَيْتُ عَبْدِى بِحَبِيْبَتَيْهِ فَصَبَرَ عَوَّضْتُهُ مِنْهُمَا اْلجَنَّةَ يُرِيْدُ عَيْنَيْهِ. البخارى و الترمذى و لفظه قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: يَقُوْلُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ: اِذَا اَخَذْتُ كَرِيْمَتَيْ عَبْدِى فِى الدُّنْيَا لَمْ يَكُنْ لَهُ جَزَاءٌ عِنْدِى اِلاَّ اْلجَنَّةَ. و فى رواية له: مَنْ اَذْهَبْتُ حَبِيْبَتَيْهِ فَصَبَرَ وَ احْتَسَبَ لَمْ اَرْضَ لَهُ ثَوَابًا دُوْنَ اْلجَنَّةِ.

Dari Anas RA, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : Apabila Aku mencobai hambaKu dengan dua kesayangannya, lalu dia bersabar, maka Aku menggantikannya dengan surga”. (Yang dimaksudkan kedua kesayangannya adalah kedua matanya) [HR. Bukhari]. Dan Tirmidzi juga meriwayatkan, sedangkan lafadznya : Rasulullah SAW bersabda, “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : Apabila Aku mengambil dua kemuliaan (membutakan kedua mata) hambaku di dunia, tidak ada balasan baginya di sisiku kecuali surga”. Dan dalam satu riwayat baginya (Allah berfirman) : Barangsiapa yang Aku menghilangkan kedua kesayangan-nya lalu dia bersabar dan mengharapkan pahala, maka Aku tidak rela balasan untuknya selain surga.

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: لاَ يَذْهَبُ اللهُ بِحَبِيْبَتَيْ عَبْدٍ فَيَصْبِرَ وَ يَحْتَسِبَ اِلاَّ اَدْخَلَهُ اللهُ اْلجَنَّةَ. ابن حبان فى صحيحه

Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah Allah menghilangkan kedua kesayangan seorang hamba, lalu ia bershabar dan mengharapkan pahala, kecuali Allah memasukkannya ke surga”. [HR. Ibnu Hibban di dalam shahihnya]

 Bersambung…………

Brosur Ahad, 20 Agustus 2000/20 Jumadil awal 1421
Brosur Ahad, 17 September 2000/18 Jumadits tsaniyah 1421    
Brosur Ahad, 08 Oktober 2000/10 Rajab 1421